Kenali Masalah Sulit Tidur Yang Dialami Oleh Ibu Hamil!

4:00 PM
Bagaimana menemukan posisi tidur yang tepat, mengatasi bangun malam (karena kebutuhan untuk buang air kecil yang terus-menerus), dan bisa mendapatkan tidur malam yang baik selama kehamilan?

Anda mungkin sudah mengetahui, memiliki bayi sama dengan berkurangnya jam tidur anda – namun anda tentu tidak mengharapkan kondisi ini hingga bayi anda benar-benar sudah terlahir ke dunia.

masalah susah tidur yang dialami oleh ibu hamil

Dan sekarang anda tahu, ternyata selama kehamilan – untuk bisa tidur nyenyak di malam hari juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tidak ada bedanya dengan menjadi orang tua baru. Bahkan mungkin terasa lebih berat, karena tidak adanya bau wangi bayi yang menyenangkan – menina-bobokan bayi dalam pelukan dalam gelapnya malam.

Perjuangan berbeda dengan hasil yang sama – yaitu lingkaran hitam di bawah mata anda.

Masalah Tidur pada Trimester Pertama Kehamilan

Masalah susah tidur selama kehamilan akan dimulai pada trimester pertama. Saat ini anda akan sering pergi ke toilet pada malam hari (untuk buang air kecil, muntah, dan kemudian merenung), membuyarkan mimpi indah dalam tidur anda.

Lalu, sisa-sisa kecantikan anda sepertinya akan memudar satu-persatu seiring semakin banyaknya hal yang membuat anda susah untuk tidur nyenyak. Dengkuran suami anda menjadi semakin terasa mengganggu, belum lagi ditambah gejala kehamilan lain seperti mulas – tiba-tiba merasa lapar – mimpi buruk – kaki yang tiba-tiba kram – dan perasaan cemas.


Masalah Sulit Tidur pada Trimester Ketiga Kehamilan

Pada trimester ketiga kehamilan, dimana seharusnya anda mendapatkan waktu tidur paling banyak – justru anda akan menjadi semakin merasa susah untuk memejamkan mata. Perasaan khawatir membuat janin cidera akan menjadikan anda semakin hati-hati, bahkan untuk membalikkan tubuhpun anda memerlukan bantuan suami anda.

Posisi kepala bayi yang sudah mulai bergerak ke bawah akan semakin menekan kandung kemih anda. Ditambah ginjal yang bekerja lebih keras karena harus menyaring 50% darah lebih banyak dari biasanya. Kedua hal ini akan membuat anda semakin sering ke toilet untuk buang air kecil. Dan ketahuilah, jika anda sebenarnya kencing untuk 2 orang – anda dan bayi anda.

Cara Mencari Posisi Tidur Yang Tepat Saat Hamil

Bisa jadi ibu hamil susah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak selama kehamilan karena alasan lainnya, yaitu posisi tidur yang salah.

Setiap orang tentu memiliki kebiasaan tersendiri ketika tidur. Ada yang senang tengkurap, ada yang senang terlentang, dan banyak yang senang tidur menyamping. Mendapatkan posisi tidur paling nyaman adalah penting bagi anda.

Bagi ibu hamil, tidur dengan posisi terlentang sangat tidak disarankan setelah melewati trimester pertama. Alasannya, posisi ini akan membuat pembuluh darah yang paling penting dan paling aktif menjadi tertekan. Tentu ini merugikan anda.

Posisi tidur yang dikatakan paling baik dan nyaman bagi ibu hamil adalah dengan menyamping. Banyak yang menyarankan untuk menyamping di sisi kiri, karena ini akan semakin mempermudah sistem peredaran darah anda. Namun jika anda tidak terbiasa, menyamping di sisi kanan juga tidak terlalu masalah.



Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »