Tips Mengatasi Rasa Letih dan Kelelahan Saat Hamil

5:00 PM
Para ahli telah mengumpulkan saran-saran terbaik berkaitan dengan cara mengatasi kelelahan dan rasa letih yang sering dialami oleh ibu hamil. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan:

cara mengatasi rasa lelah dan selalu letih saat hamil

Mengatasi Kelelahan Saat Hamil dengan Mengatur Pola Hidup

Perhatikan sinyal tubuh anda!

Mulailah dengan tidur lebih awal dari biasanya. Mulailah membiasakan diri untuk tidur siang, bahkan terlelap sejenak (hanya 15 menit) juga akan sangat bermanfaat.

Jika anda bekerja di kantor dan memiliki ruangan sendiri, maka tutup saja pintunya, lalu letakkan kepala anda di meja untuk beristirahat sejenak. Atau cobalah sedikit kreatif, cari ruangan kosong, atau di ruang konferensi, atau bisa juga berbaring di kursi belakang mobil anda.

Sesuaikan jadwal anda!

Hapus janji-janji bertemu orang yang tidak terlalu penting dan alihkan sebagian pekerjaan rumah tangga pada orang lain.

Jika anda bekerja di luar rumah, cobalah untuk mengurangi jam kerja atau membawa pulang pekerjaan saat akhir pekan. Sesekali meminta izin sakit di tengah minggu dan gunakan itu untuk beristirahat.

Jika anda ibu rumah tangga, maka alihkan tugas untuk mengurus rumah dan menjaga anak-anak kepada orang lain. Pakai waktu anda untuk tidur – guna menutupi kekurangan waktu tidur anda.



Menjaga Asupan Nutrisi untuk Mengatasi Rasa Letih Selama Kehamilan

Pastikan makanan anda benar!

Anda membutuhkan sekitar 300 kalori tambahan setiap hari – dan ini bukan dari keripik kentang ataupun makanan-makanan manis.

Makanan sehat yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, susu skim, dan daging tanpa lemak akan membuat anda berenergi. Sebaliknya, junk food justru akan membuat anda lemah. Pilih juga snack yang sehat seperti yoghurt dan buah.

Cukupi kebutuhan cairan anda!

Tetap jaga tubuh untuk terhidrasi dengan baik. Kurangi kafein dan pastikan anda minum cukup air. Jika ini membuat anda menjadi sering buang air kecil, maka tips dari artikel sebelumnya dapat membantu anda untuk mengatasinya. Lihat: cara mengatasi sering buang air kecil saat hamil

Kuat Menjalani Kehamilan dengan Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mental

Lakukan olahraga ringan setiap hari!

Anda mungkin merasa untuk melakukan aktivitas sehari-hari saja sudah kehabisan energi, apalagi untuk berolahraga. Namun ketahuilah, olahraga ringan seperti berjalan santai (untuk jarak dekat) dapat membuat anda merasa jauh lebih baik.

Jadi, kecuali dokter anda memang melarangnya – maka masukkan olahraga ringan dalam rutinitas keseharian anda. Cobalah untuk sering meregangkan tubuh dan menarik napas dalam-dalam di sepanjang hari anda.

Berusahalah untuk bertahan!

Jika kelelahan pada trimester pertama membuat anda down, maka cobalah untuk menguatkan hati anda – bahwa saat memasuki trimester kedua, anda akan kembali dipenuhi dengan rasa kegembiraan. Sikap positif akan membantu anda melewati kehamilan hingga mendekati saat melahirkan, dan anda akan menjadi seorang ibu bahkan sebelum anda menyadarinya. Ingat! Maksimalkan waktu tidur anda.


Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »