Tips Agar Bisa Tidur Nyenyak Di Malam Hari Selama Kehamilan

1:00 PM
Bagaimana cara mengatasi susah tidur selama kehamilan? Hal ini tentu adalah salah satu informasi yang sangat anda butuhkan. Diantara berbagai gejala kehamilan, masalah susahnya mendapatkan tidur yang nyenyak adalah 'momok' bagi banyak ibu hamil.

Beberapa ahli telah memberikan saran terbaik yang bisa anda coba:
  • Hindari kafein (dalam semua bentuk – termasuk coklat batangan kegemaran anda itu) setelah tengah hari.

  • Cukupi kebutuhan cairan anda (sekitar 8 gelas air sehari), namun lebih banyak dikonsumsi pada siang hari – dan sisanya sedikit di malam hari. Jadi saat malam, anda hanya minum ketika merasa haus saja – namun sebelum tidur, anda harus minum setidaknya 16 ons air putih. Ini dapat menghindari anda dari bolak-balik harus bangun karena terus ingin buang air kecil.

cara untuk bisa tidur nyenyak selama kehamilan

  • Berolahraga secara teratur – di siang hari atau sore hari. Latihan secara teratur akan membantu anda untuk tidur lebih baik. Namun jangan lakukan latihan terlalu dekat dengan waktu tidur – ini justru akan membuat anda semakin sulit memejamkan mata.

  • Makan camilan sebelum anda tidur, ingin akan mencegah anda terbagun tengah malam karena lapar. Pastikan camilan anda mengandung protein dan karbohidrat kompleks, sepotong roti gandum – irisan keju – dan segelas kecil susu hangat sudah sangat cukup.

  • Sekali lagi, ingat! Hindari kafein – jadi coklat tidak boleh termasuk dalam menu. Selain itu, hindari pula makanan manis. Gula justru akan meningkatkan energi anda, dan ini akan membuat anda semakin sulit untuk terlelap.

  • Mandi air hangat sebelum tidur. Efek relaksasi dan menenangkan dari air hangat sangat ampuh untuk membantu anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

  • Biarkan jendela sedikit terbuka – selama cuaca bersahabat. Udara segar bisa menjadi obat tidur yang ampuh. Jika cuaca tidak bersahabat, maka pastikan suhu dalam kamar anda cukup dingin. Saat hamil, suhu tubuh anda akan meningkat – karena itu anda perlu menurunkan suhu ruangan agar anda bisa merasa nyaman.

  • Bercinta, jika anda memang sedang merasa mood. Atau setidaknya minta suami anda untuk memijat anda dengan lembut. Kedua hal ini dapat membuat anda menjadi lebih rileks.

  • Cobalah melakukan latihan relaksasi – menarik napas dalam-dalam, meditasi atau bahkan yoga, ataupun bernyanyi ringan sebelum tidur. Kegiatan-kegiatan ini dapat membantu anda menjadi merasa lebih nyaman.

  • Matikan lampu kamar anda. Atau jika anda tidak terbiasa tidur dalam gelap, maka gunakan lampu yang redup di pojok kamar. Cahaya yang terang adalah salah satu penyebab sulitnya anda mendapatkan tidur yang baik.


Cara Lain untuk Mengatasi Insomnia Bagi Ibu Hamil

Saat anda sudah siap untuk tidur, ingat: tidak ada yang namanya terlalu banyak bantal. Anda bisa memakai sebanyak-banyaknya bantal, untuk menopang tubuh anda – kaki anda – atau apapun yang anda butuhkan.

Pastikan suhu kamar cukup dingin – sesuai keadaan suhu tubuh anda. Jika masih sulit untuk terpejam, bangunlah. Coba membaca buku, menonton TV, kemudian coba lagi untuk tidur.

Jangan terlalu memikirkan untuk dapat menutup mata anda, karena ini justru akan semakin membuat anda sulit untuk tertidur.

Semoga membantu!


Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »