Perubahan Pada Payudara Yang Dialami oleh Ibu Hamil

1:00 PM
Mengapa payudara terasa sakit ketika hamil?

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan peningkatan aliran darah dan perubahan dalam jaringan payudara. Hal ini akan membuat payudara anda seperti membengkak, terasa sakit, geli, dan menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan.

Beberapa wanita menggambarkan sensasi yang mereka rasakan seperti layaknya sebelum siklus bulanan mereka, hanya saja ini adalah versi yang lebih parahnya.

berbagai perubahan payudara pada kehamilan

Untuk dipahami, rasa nyeri pada payudara adalah merupakan salah satu dari tanda-tanda awal kehamilan. Kondisi ini biasanya dimulai sekitar minggu ke- 4 hingga minggu ke-6, dan terus akan berlangsung selama trimester pertama.


Apa lagi perubahan yang terjadi pada payudara selama kehamilan?

Pada sekitar minggu ke-6 hingga minggu ke-8, anda mungkin menyadari jika payudara anda semakin membesar. Dan mereka akan terus tumbuh selama kehamilan anda. Jadi sebuah hal yang wajar jika anda harus mencari bra dengan ukuran cup 1 atau 2 tingkat lebih besar, terutama jika ini adalah kehamilan pertama anda.

Selain itu, payudara anda juga mungkin akan terasa gatal – ini dikarenakan kulit yang semakin mengetat. Bahkan tidak jarang jika stretch mark juga mulai tampak di area payudara anda.

Anda akan mulai dapat melihat pembuluh darah di bawah kulit payudara anda, puting anda juga akan ikut membesar dan menjadi lebih gelap. Dan setelah beberapa bulan pertama, areola – yaitu lingkaran di sekitar puting anda, juga akan ikut membesar dan berwarna lebih gelap.

Jika sebelumnya anda tidak pernah memperhatikan benjolan-benjolan kecil di areola anda, maka sekarang benjolan-benjolan kecil itu – yang merupakan kelenjar penghasil minyak (disebut Montgomery’s tubercles), akan semakin tampak jelas. Perubahan yang terjadi pada payudara anda ini adalah langkah persiapan untuk menyusui bayi anda nantinya.

Sekitar bulan ketiga kehamilan, payudara anda akan mulai memproduksi kolostrum – yaitu air susu khusus yang akan pertama kali dikonsumsi oleh bayi anda saat pertama menyusu.

Dan pada bulan-bulan terakhir kehamilan, sejumlah kecil air susu khusus yang kental dan berwarna kekuningan ini mungkin akan merembes keluar dengan sendirinya. Sebagian ibu hamil akan mengalaminya lebih awal, dan sebagian lagi tidak pernah mengalaminya. Jadi tidak perlu khawatir, itu hal yang normal.



Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »