Mengapa Ibu Hamil Mudah Letih dan Merasa Kelelahan?

10:00 AM
Apakah lumrah merasa letih saat anda sedang hamil?

Tubuh yang terasa lemah adalah sangat umum bagi ibu hamil di trimester pertama kehamilan, dan hal ini biasanya akan muncul kembali di saat-saat akhir kehamilan. Beberapa wanita memang ada yang terus merasa lelah selama kehamilan, namun pada beberapa wanita lainnya – sepertinya  kehamilan tidak mengurangi kemampuan mereka sama sekali.

Diantara kelompok wanita yang selalu merasa lelah di awal kehamilan, bahkan mengalami hal ini sebelum tubuh mereka bertambah berat akibat hamil.

gejala kelelahan dan selalu letih saat hamil

Tidak ada penjelasan yang pasti mengenai penyebab kelelahan pada awal kehamilan. Salah satu yang dipercaya para ahli adalah karena terjadinya perubahan hormon – yaitu kenaikan yang dramatis untuk tingkat progesteron.

Penyebab lainnya mungkin karena susahnya mendapatkan tidur malam yang nyenyak – akibat sering terbangun karena selalu ingin buang air kecil.

Selanjutnya, mual dan muntah tentu dapat menguras energi anda – ditambah rasa cemas yang anda alami mengenai kehamilan anda. Kombinasi kedua hal tersebut akan membuat anda seolah-olah habis melakukan lari maraton di penghujung hari anda. Sangat lelah!

Perhatikan!


Jika anda merasa sedih atau putus asa, maka mungkin depresi adalah penyebab kelelahan dan susah tidur yang anda alami. Dan apabila anda merasa tidak mampu untuk melakukan tugas sehari-hari anda, atau anda memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri – maka segera hubungi dokter atau bidan agar segera dirujuk ke seorang konselor.

Kelelahan yang anda rasakan juga bisa jadi merupakan gejala anemia akibat kekurangan zat besi, dimana ini juga tidak jarang dialami oleh ibu hamil. Biasanya anda tidak akan mengalami gejala apapun jika anemia yang anda derita masih ringan.

Dokter kandungan biasanya akan menguji darah anda untuk mengetahuinya pada pemeriksaan kehamilan pertama anda – dan akan kembali melakukan tes darah pada akhir trimester kedua atau awal trimester ketiga.

Berapa Lama Rasa Kelelahan dan Letih Ini Akan Dirasakan oleh Ibu Hamil?

Tidak ada jawaban yang pasti, karena akan berbeda pada setiap wanita. Namun secara umum, wanita hamil akan merasa jauh lebih baik setelah memasuki trimester kedua kehamilan.

Dan kemungkinan anda akan kembali merasakan hal tersebut saat kehamilan anda memasuki usia 7 bulan. Pada masa ini bobot tubuh anda sudah naik cukup banyak dan kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan untuk tidur.

Belum lagi jika ditambah dengan berbagai alasan lain seperti: sakit pada bagian punggung, nyeri pada ulu hati, kram pada kaki, janin yang terus bergerak, dan yang terutama adalah seringnya buang air kecil.



Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »