Alat Tes Kehamilan Rumahan: Apakah Hasilnya Akurat?

10:11 PM
Apa kita dapat mempercayai hasil tes kehamilan yang dilakukan sendiri?

Apakah saya hamil?” Dapatkan jawaban atas berbagai pertanyaan umum terkait alat tes kehamilan yang dilakukan sendiri di rumah.

Melakukan tes kehamilan sendiri di rumah bisa menegangkan, terlebih jika anda tidak yakin apakah hasilnya akurat. Karena itu, ketahui kapan dan bagaimana cara melakukannya dengan benar – juga beberapa kelemahan dari alat tes pack kehamilan rumahan yang banyak dijual.

cara melakukan tes kehamilan dengan tes pack rumahan

Kapan seharusnya melakukan tes kehamilan rumahan?

Banyak produsen tes kehamilan rumahan yang mengklaim dapat menunjukkan hasil yang akurat sedini mungkin sejak hari pertama terlambat haid – atau bahkan sebelumnya. Namun untuk hasil yang dapat lebih dipercaya, sebaiknya tunggu hingga 1 minggu terlambat haid untuk melakukan tes.

Tidak lama setelah sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim anda, hormon human chorionic gonadotropin (HCG) akan mulai diproduksi pada plasenta dan memasuki aliran darah serta urin anda.

Selama awal kehamilan, HCG dalam darah anda ini meningkat dengan cepat – hingga dua kali lipat setiap 2 sampai 3 hari sekali. Saat ini, banyak tes pack kehamilan rumahan yang dipercaya dapat mendeteksi hormon tersebut dalam urin anda setelah satu minggu telambat haid.

Jika memang sangat penting untuk memastikan kehamilan anda dengan segera, maka mintalah bantuan dokter untuk melakukan tes darah guna mendeteksi HCG. Hasil dari tes darah ini jauh lebih akurat dibandingkan tes urin.


Apakah alat tes kehamilan rumahan memiliki jenis yang berbeda-beda?

Iya, masing-masing produsen memiliki jenis produk yang berbeda. Namun secara umum, cara penggunaannya kurang lebih sama. Yaitu, anda mencelupkan bagian ujung tes pack dalam urin yang sudah anda tempatkan di wadah selama 5 hingga 10 detik.

Dalam beberapa menit kemudian, alat akan menunjukkan hasilnya – bisa berupa tanda plus atau minus, atau sebuah garis dan dua buah garis, atau berupa warna, atau bisa juga dalam bentuk kata-kata “hamil” dan “tidak hamil”.

Perlu anda perhatikan, bahwa masing-masing alat mungkin memiliki instruksi yang berbeda. Karena itu, baca petunjuknya dengan seksama sebelum melakukan tes. Dan apabila anda memiliki pertanyaan, maka hubungi produsennya. Anda bisa melihat nomor layanan bebas pulsa atau alamat situs produsen dalam kemasan produk.

Seberapa akurat alat tes kehamilan rumahan?

Banyak tes pack kehamilan rumahan yang mengklaim bahwa hasil yang mereka tunjukkan 99% akurat – bahkan sejak hari pertama terlambat haid. Namun begitu, para ahli mengatakan jika tes kehamilan rumahan yang dilakukan terlalu dini tidak pernah menunjukkan hasil yang konsisten.

Jadi para ahli menganjurkan sebaiknya anda mengikuti petunjuk baku yang sudah tercantum pada kemasan paket, yaitu melakukan tes setelah 1 minggu terlambat haid – karena hasilnya akan lebih akurat.

Pelajari lebih dalam mengenai: keakuratan hasil alat tes kehamilan rumahan


Bantu membagikan informasi ini ya Bunda!

Artikel Terkait

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »